search

Pengikut

Kamis, November 13, 2014

Workshop SEO dan Lomba blog SEO Universitas Jember 2014

workshop seo universitas jember
workshop seo universitas jember

Perkembangan dunia teknologi saat ini semakin pesat. Namun demikian, sebagai seseorang yang bergelut dalam bidang teknologi informasi tentunya harus selalu peka terhadap perkembangan yang terjadi. Untuk menjawab persoalan diatas, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Teknologi Informasi (TI) Universitas Jember menggelar Workshop SEO (Search Engine Optimization), Jumat (24/10).

Sayang saya tidak bisa mengikuti acara tersebut karena pada waktu acara tersebut digelar, saya tidak berada dijember. Jadi saya cuman mendapatkan informasi dari website universitas jember dan dari temen-temen yang mengikuti acara tersebut.

Menurut informasi di website Universitas Jember, Workshop SEO (Search Engine Optimization) tersebut diselenggarakan di Aula lantai II UPT TI Universitas Jember. Hadir sebagai nara sumber, Mulyadi, Agus Setiawan, Ariel Soenarto dari komunitas Blogger Jember suwarsuwir.com. Acara ini juga dihadiri oleh seorang pakar SEO luar negeri Gavin Maxwell (SEO Specialist from UK).

Tidak hanya workshop, pada kesempatan itu juga dibuka Lomba Blog Mahasiswa UNEJ 2014 dan SEO Contest. Dalam pembukaannya Drs. Sudarko, Ph.D. kepala UPT TI Universitas Jember menuturkan, lomba blog kali ini cukup berbeda dari tahun sebelumnya, karena blog yang digunakan telah disediakan oleh UPT TI pada sister dengan subdomain student.unej.ac.id.

Selain itu menurutnya, lomba kali ini juga sedikit mengubah bobot perlombaan, sebab selain kualitas konten juga diadakan kontes SEO dengan tema/kata kunci Tebu Transgenik Universitas Jember. "Berbeda dari sebelumnya, tahun ini kami juga akan membuat kontes SEC, backlink dan juga backtrack agar web unej bisa naik pada rangking webometrics," Ujar Sudarko.

Sumber: Unej

Saya sendiri juga mengikuti Lomba SEO blog UNEJ 2014 dengan kata kunci Tebu Transgenik Universitas Jember. Ini nama blog saya: yuwaka.student.unej.ac.id ,  semoga aja bisa memberikan perlawanan kepada perserta yang lain.
Kamis, Mei 08, 2014

Bahaya bermain game di Laptop

Bahaya bermain game di Laptop
Bermain game dilaptop mungkin sudah biasa bagi sebagian mahasiswa, karena laptop bisa dibawa kemana-mana. Namun taukah kita kalau bermain game dilaptop akan menyebabkan laptop tersebut cepat rusak? Berikut beberapa hal yang menyebabkan laptop cepat rusak saat bermain game:

1. Pendingin

Dalam sebuah laptop, pendingin atau FAN sangatlah berperan penting dalam menjaga komponen agar tetap dalam kondisi dingin, sedikit pemberitahuan FAN didalam laptop memiliki ukuran yang relatif kecil. Namun FAN inilah yang menjadi pendingin utama yang menjaga suhu didalam laptop tetap stabil. 

Taukah anda kalau suhu laptop bisa sampai 76% C, jika pendingin didalamnya rusak atau mati? 

Dengan suhu segitu kita dapat menggoreng telur diatas laptop kita.

2. Charge

Charge merupakan elemen terpenting jika kita ingin memainkan game dengan nyaman. Disebuah laptop ada 2 mode power yang dapat dipakai yaitu: Battery mode atau Charge mode. Namun sangat tidak saya sarankan memakai Battery mode dalam memainkan game, karena akan menyebabkan screen laptop tidak stabil disebabkan menyesuaikan pasokan listrik dan mode brightness.

3. Baterai

Jika memang kita ingin memainkan game atau khususnya game yang memiliki definisi tinggi, maka sebaiknya kita lepaskan baterainya dan mainkan dalam Charge mode. Kenapa harus demikian melepaskan baterai? Menurut pengalaman saya, memainkan game membutuhkan kinerja optimal dari segala hardware laptop jadi hal ini akan menyebabkan laptop cepat panas. 

Taukah anda kalau baterai tidak tahan dengan panas berlebihan? 

Akibat dari panas dari laptop baterai akan cepat rusak, hal ini ditandai dengan laptop sering mati sendiri padahal baterainya masih 50% atau ada tanda silang pada parameter baterai. Hal yang paling memusingkan adalah baterai tidak bisa diperbaiki seperti komponen lainnya yang ada pada laptop, solusi baterai rusak adalah dengan membeli baterai baru dan harganya pun relatif mahal. Jika melepas baterai sebaiknya memakai UPS sebagai antisipasi mati lampu, kita tidak mau bukan baterai kita selamat tapi komponen yang lain rusak (CPU, memory)?

4. Spesifikasi

Game merupakan aplikasi yang menuntut hardware untuk berkerja secara optimal. Dalam hal ini kita membutuhkan spesifikasi yang lebih untuk memainkannya, tidak seperti komputer yang tangguh walau spesifikasinya tidak terlalu waw.

Kesimpulan

Kalau memang kita ingin memainkan game berat atau membutuhkan spesifikasi yang tinggi maka sebaiknya mainlah game tersebut di komputer PC. Memang ada beberapa laptop yang diperuntukan untuk bermain game, namun fungsi laptop sebenarnya adalah untuk office atau presentasi.
Senin, Mei 05, 2014

Beberapa jenis query di MySQL

Beberpa jenis query di MySQL
MySql query adalah perintah atau instruksi yang dapat digunakan untuk mengelola database atau tabel dalam database mysql. Query lebih dikenal dengan sebutan SQL (Structured Query Language) yang artinya adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional.

Bahasa ini merupakan bahasa standar yang digunakan dalam mengelola basis data atau database. Banyak database modern seperti mysql, sql server, oracle menggunakan bahasa SQL. Secara umum ada 2 jenis query pada mysql yaitu DML dan DML.

Query DDL

DDL adalah kependekan dari Data Definition Language. DDL adalah kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat (CREATE), mengubah(ALTER, RENAME) dan menghapus(DROP) struktur dan definisi dari objek-objek database seperti database, tabel, view, index, function, trigger dan field.

Jenis Query DDL

1. CREATE
  • CREATE DATABASE digunakan untuk membuat database baru
  • CREATE FUNCTION digunakan untuk membuat function dalam database
  • CREATE INDEX digunakan untuk membuat index
  • CREATE TABEL digunakan untuk membuat tabel baru
  • CREATE VIEW digunakan untuk membuat laporan
  • CREATE PROCEDURE digunakan untuk membuat prosedur dalam database
  • CREATE TRIGGER digunakan untuk membuat trigger (perintah sql yang dikerjakan otomatis pada event tertentu)
2. ALTER, RENAME
  • ALTER DATABASE digunakan untuk mengubah pengaturan database
  • ALTER FUNCTION digunakan untuk mengubah function
  • ALTER PROCEDURE digunakan untuk mengubah prosedur
  • ALTER TABLE digunakan untuk mengubah susunan dan pengaturan tabel
  • ALTER VIEW digunakan untuk mengubah pengaturan laporan
  • RENAME TABLE digunakan untuk mengubha nama tabel
3. DROP
  • DROP DATABASE digunakan untuk menghapus database
  • DROP FUNCTION digunakan untuk menghapus function
  • DROP INDEX digunakan untuk menghapus index
  • DROP TABLE digunakan untuk menghapus tabel
  • DROP PROCEDURE digunakan untuk menghapus prosedur
  • DROP TRIGGER digunakan untuk menghapus trigger
  • DROP VIEW digunakan untuk menghapus format laporan

Query DML

DML adalah kependekan dari Data Manipulation Language. DML adalah kumpulan perintah SQL yang berhubungan dengan proses mengolah dan memanipulasi data dalam table. DML tidak terkait dengan perubahan struktur dan definisi tipe data dari objek database.

Jenis Query DML

1. SELECT digunakan untuk menampilkan data
2. INSERT digunakan untuk menambahkan data baru
3. UPDATE digunakan untuk mengubah data yang sudah ada
4. DELETE digunakan untuk menghapus data

Variasi penggunaan jenis query DML lebih banyak digunakan karena berhubungan dengan data dalam stau atau banyak tabel database. Saya aja yang diajarkan cuman Query jenis DML.
Minggu, Mei 04, 2014

Mengapa harus menggunakan MySQL?

Mengapa harus menggunakan Mysql? untuk belajar database
Kenapa harus menggunakan MySQL untuk belajar database? jawabannya saya kurang ngerti tapi yang jelas karena disuruh oleh dosen jadi harus mentaati (faktor tugas). MySQL merupakan salah satu database yang paling banyak digunakan dalam membangun aplikasi berbasis desktop maupun berbasis web.

Menurut saya alasan mengapa harus menggunakan MySQL adalah karena database ini bersifat Open Source sehingga dapat digunakan oleh siapapun tanpa dibebani biaya lisensi yang lumayan tinggi. Selain itu, menurut forum yang saya baca, MySql mampu menangani data yang cukup besar dan memiliki kecepatan yang stabil. Dan ini beberapa alasan lainnya:

Alasan penggunaan MySQL untuk belajar Database?

  1. Dapat bekerja di beberapa platform yang berbeda, seperti LINUX, Windows, MacOS dan lain-lain.
  2. Dapat dijadikan aplikasi database yang porteble dan memiliki ukuran database yang cukup kecil.
  3. MySQL dapat diperoleh secara gratis (berkah bagi developer).
  4. Sintaksnya lebih mudah dipahami dan tidak terlalu rumit serta dapat mengakses Database dengan mudah, pengalaman saya MySQL lebih mudah untuk pembelajaran atau dengan kata lain sebagai dasar untuk membuat atau belajar database di xamp.
  5. Memiliki lebih banyak type data seperti: signed/unsigned interger yang memiliki panjang data sebesar 1,2,3,4 dan 8 byte , FLOAT, DOUBLE, CHAR, VARCHAR, TEXT, BLOB, DATE, TIME, DATETIME, TIMESTAMP, YEAR, SET dan tipe ENUM.
  6. Mendukung penuh terhadap query SQL GROUP BY dan ORDER BY. Contoh: Count( ), Count(DISTINCT), AVG( ), STD( ), SUM( ), MAX( ) dan MIN( ).
  7. Mendukung penggunaan LEFT OUTHER JOIN dengan ANSI SQL dan sintak ODBC (Open Database Connectivity).
  8. Dapat dengan mudah diBackup dan Restore Database dari satu sistem ke sistem lain atau dengan kata lain jika kita menyimpan data SQL diWindows maka file tadi dapat juga dipakai diLINUX.
  9. Dapat dikoneksikan dengan banyak bahasa pemprograman seperti bahasa C, C++, Java, Perl, PHP dan Python.
  10. MySQL merupakan program multithreaded, sehingga dapat dipasang pada server yang memiliki multiCPU.
  11. Aman dari pencurian Database, jadi Database yang kita buat dapat di beri Privillege (hak) dan password.
Alasan kenapa saya menulis artikel ini? itu karena tugas mata kuliah Database sangat banyak jadi ini sebagai history aja. hehehe
Sabtu, Mei 03, 2014

Exclusive class with Google

Exclusive class with Google

Tadi Pagi mumpung ada uang dan waktu kosong, jadi ikutan acara Exclusive class with google. Ternyata cukup seru juga, walau Exclusive class with google yang saya rasa terlalu sedikit. Karena tergantikan dengan waktu penjurian acara lomba ide DISCOVERY PSSI 2014. Pematerinya adalah Indra Maryati dari GDG (Google Developer Group) Surabaya.

Sebernarnya acara yang saya ikuti sih cuman Exclusive class with google, tapi malah yang paling banyak memakan waktu adalah acara penjurian lomba ide DISCOVERY PSSI 2014. Namun tidak terlalu mengecewakan karena saya disuguhkan oleh presentasi aplikasi dari peserta lomba ide DISCOVERY PSSI 2014. Berikut daftar peserta lomba ide DISCOVERY PSSI 2014 yang lolos 7 besar dari tingkat SMA/SMK dan Mahasiswa:
7 besar peserta lomba ide DISCOVERY PSSI 2014 tingkat SMA
7 besar peserta lomba ide DISCOVERY PSSI 2014 tingkat Mahasiswa
Dan Tim dari Universitas Jember gagal menjadi juara. Karena telah dikalahkan oleh tim ITB, Universitas Negeri Malang dan Universitas Yudharta Pasuruan. Berikut ini daftar juara lomba ide DISCOVERY PSSI 2014:
Kategori Mahasiswa:
  1. Nemesis - ITB
  2. Physics Art - Universitas Negeri Malang
  3. Pitulikur - Universitas Yudharta Pasuruan
Kategori Pelajar SMA/sedrajat:
  1. LIGHT HOUSE - SMAN 10 Malang
  2. DA WISHER - SMAN 1 Gresik
  3. NOMERSATU - SMAN 1 Ponorogo

Memang bulan ini merupakan bulan event bagi warga PSSI atau biasa disebut dengan BITS (Bulan IT Sistem informasi) yang diadakan tiap 1 tahun. Dalam event BITS ini terdapat banyak acara, namun berhubung dana saya cuman cukup untuk acara Exclusive class with Google maka cuman acara inilah yang saya ikuti. Berikut ini gambaran acara utama dalam BITS 2014:
BITS 2014 PSSI UNEJ
Berikut ini Official website:
DISCOVERY
SEMNAS
GDG Surabaya

Sabtu, Mei 03, 2014

Internet Sehat Aman untuk para Pelajar

Internet Sehat Aman untuk para Pelajar
Kementerian Komunikasi dan Informatika hingga saat ini terus melakukan kegiatan pemblokiran terhadap situs dan konten negatif yang dianggap melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti antara lain UU No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE dan sejumlah UU lainnya. Untuk melakukan pemblokiran ini, sejauh ini Kementerian Kominfo masih menggunakan software TRUST+Positif yang sejauh ini cukup efektif manfaatnya. Pemblokiran ini wajib dilakukan oleh para penyelenggara ISP. Selama ini Kementerian Kominfo telah membuka posko pengaduan masyarakat yang setiap saat memungkinkan masyarakat dimanapun berada untuk dapat menyampaikan laporan pengaduannya.

Pengaduan dapat dikirim ke alamat email:  aduankonten@mail.kominfo.go.id

Pemanfaatan internet telah mengubah pola hidup dan budaya manusia dalam belajar, bekerja, berkomunikasi, berbelanja dan aspek lainnya. Saat ini masyarakat lebih banyak menggunakan internet dalam berkomunikasi seperti surat elektronik (e-mail), serta jejaring sosial (social networking) yang dianggap lebih efektif dan efisien.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Markplus Insight, jumlah pengguna internet Indonesia didominasi oleh generasi muda berusia 15-30 tahun yang disebut “netizen”. Mereka berkomunikasi di dunia maya sama seperti mereka berkomunikasi di dunia nyata. Demikian juga informasi yang didapatkan semakin terbuka baik konten positif maupun negatif.

Pengaruh konten negatif sudah sering diberitakan di berbagai media berupa pemuatan gambar porno, perjudian, penipuan, pelecehan, pencemaran nama baik dan berita bohong. Selain itu penggunaan jejaring sosial juga memiliki dampak negatif, salah satunya adalah cyberbullying yang biasanya menimpa anak-anak dan sesama remaja. Bahkan kejahatan dunia maya yang dikenal sebagai cybercrime sudah sampai pada peretasan situs-situs penting dalam negeri.

Untuk menghindari kejahatan di dunia maya, selalu ditekankan prinsip dasar yang harus diketahui dalam menggunakan internet. Prinsip dasar di dunia nyata berlaku pula di dunia maya. Penggunaan internet secara sehat dan aman perlu ditanamkan semenjak dini melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat (cyber ethics). Hal ini perlu disampaikan untuk menghindari kebiasaan jelek di dunia nyata akan terbawa di dunia maya dan menimbulkan kembali efek negatif di dunia nyata. Program INSAN diselenggarakan dalam bentuk sosialisasi, roadshow dan forum diskusi dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Media yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi INSAN antara lain media tatap muka, internet, televisi, radio, cetak, media luar ruang dan animasi. Disamping itu juga dilakukan kegiatan bersifat interaktif seperti lomba game insan dan interaksi langsung dengan masyarakat di area publik.

Pelaksanaan sosialisasi INSAN selalu melibatkan berbagai pemangku kepentingan, misalnya pemerintah daerah, ICT Watch, IDKita Kompasiana, Yayasan Kita dan Buah Hati, serta AWARI. “Insan Masuk Pesantren” merupakan salah satu program yang didukung oleh Relawan TIK di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Kehadiran internet sehat dan aman juga disosialisasikan kepada orangtua dan guru karena pemanfaatan internet juga merupakan tanggung jawab orangtua dalam mengawasi putra-putrinya agar terhindar dari konten negatif, dan mendorong untuk lebih cerdas dalam menciptakan kreativitas.

Kunjungi Website INSAN.
Internet aman untuk generasi masa depan