search

Pengikut

Bahaya bermain game di Laptop

Bahaya bermain game di Laptop
Bermain game dilaptop mungkin sudah biasa bagi sebagian mahasiswa, karena laptop bisa dibawa kemana-mana. Namun taukah kita kalau bermain game dilaptop akan menyebabkan laptop tersebut cepat rusak? Berikut beberapa hal yang menyebabkan laptop cepat rusak saat bermain game:

1. Pendingin

Dalam sebuah laptop, pendingin atau FAN sangatlah berperan penting dalam menjaga komponen agar tetap dalam kondisi dingin, sedikit pemberitahuan FAN didalam laptop memiliki ukuran yang relatif kecil. Namun FAN inilah yang menjadi pendingin utama yang menjaga suhu didalam laptop tetap stabil. 

Taukah anda kalau suhu laptop bisa sampai 76% C, jika pendingin didalamnya rusak atau mati? 

Dengan suhu segitu kita dapat menggoreng telur diatas laptop kita.

2. Charge

Charge merupakan elemen terpenting jika kita ingin memainkan game dengan nyaman. Disebuah laptop ada 2 mode power yang dapat dipakai yaitu: Battery mode atau Charge mode. Namun sangat tidak saya sarankan memakai Battery mode dalam memainkan game, karena akan menyebabkan screen laptop tidak stabil disebabkan menyesuaikan pasokan listrik dan mode brightness.

3. Baterai

Jika memang kita ingin memainkan game atau khususnya game yang memiliki definisi tinggi, maka sebaiknya kita lepaskan baterainya dan mainkan dalam Charge mode. Kenapa harus demikian melepaskan baterai? Menurut pengalaman saya, memainkan game membutuhkan kinerja optimal dari segala hardware laptop jadi hal ini akan menyebabkan laptop cepat panas. 

Taukah anda kalau baterai tidak tahan dengan panas berlebihan? 

Akibat dari panas dari laptop baterai akan cepat rusak, hal ini ditandai dengan laptop sering mati sendiri padahal baterainya masih 50% atau ada tanda silang pada parameter baterai. Hal yang paling memusingkan adalah baterai tidak bisa diperbaiki seperti komponen lainnya yang ada pada laptop, solusi baterai rusak adalah dengan membeli baterai baru dan harganya pun relatif mahal. Jika melepas baterai sebaiknya memakai UPS sebagai antisipasi mati lampu, kita tidak mau bukan baterai kita selamat tapi komponen yang lain rusak (CPU, memory)?

4. Spesifikasi

Game merupakan aplikasi yang menuntut hardware untuk berkerja secara optimal. Dalam hal ini kita membutuhkan spesifikasi yang lebih untuk memainkannya, tidak seperti komputer yang tangguh walau spesifikasinya tidak terlalu waw.

Kesimpulan

Kalau memang kita ingin memainkan game berat atau membutuhkan spesifikasi yang tinggi maka sebaiknya mainlah game tersebut di komputer PC. Memang ada beberapa laptop yang diperuntukan untuk bermain game, namun fungsi laptop sebenarnya adalah untuk office atau presentasi.

Share This

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda,
Bermanfaat silahkan like, tweet dibawah ini

1 komentar

untuk office juga Presentasi...
untuk netbeans, mysql server, notepad++, photoshop, corel, Call of Duty, FIFA, PES, hahahaha (Laptop Gaul)
ReplyDelete

Posting Komentar

Cancel Reply