search

Pengikut

Senin, Desember 16, 2013

Mahasiswa Unej Juara Aeromodelling tingkat Nasional

Prestasi Mahasiswa Teknik Unej
Fakultas Teknik Universitas Jember (Unej) baru-baru ini kembali menorehkan prestasi dalam kompetisi tingkat nasional. Setelah sebelumnya tim Titen GX-V tampil sebagai juara umum dalam kompetisi mobil listrik nasional, kini tim Aeromodeling mereka berhasil meraih juara.

Tim yang bernama “Ngejawantah Abop 01” tampil sebagai juara dalam kategori desain konstruksi terbaik dalam BCC (Brawijaya Copter Competition) yang digelar di Gor Pertamina Universitas Brawijaya, (3-5/12).
Aeromodelling sendiri adalah kegiatan dari merancang, membuat, sampai menerbangkan pesawat model.
BCC merupakan kompetisi tingkat nasional yang menjadi ajang bagi mahasiswa untuk memerkan hasil karya kreatifitasnya dalam bidang kedirgantaraan.

Prestasi yang diraih oleh tim Ngejawantah Abop 01 merupakan buah manis dari persiapan yang telah mereka lakukan selama 3 bulan sebelumnya. “Tiga bulan sebelum kompetisi dimulai tim mempersiapkan semua, mulai dari desain, pemotongan, perakitan copter hingga latihan, sehingga ketika kompetisi dimulai tim sudah benar-benar siap,” tutur Angga selaku ketua tim. 

Saat ini mereka sedang sibuk melakukan pengembangan penelitian. Ke depan karya tersebut diharapkan mampu diaplikasikan untuk melakukan pengambilan foto/video melalui udara.

Sumber: unej.ac.id
Senin, Desember 16, 2013

Indonesia Vs Finlandia | Sistem Pendidikan

pendidikan indonesia vs pendidikan finlandia
Setelah kita membandingkan sistem pendidikan indonesia dengan korea selatan, sekarang saya coba bandingkan sistem pendidikan indonesia dengan sistem pendidikan finlandia yang katanya adalah sistem pendidikan terbaik didunia. 
Berikut ini perbandingannya

Indonesia
Finlandia
Ada playgroup, TK A, TK B, bahkan sebelum umur 3 tahun pun sudah ada yang ‘menyekolahkan’ anaknya, meskipun memang cuma satu jam dengan tujuan anaknya bersosialisasi. 
Masalahnya lagi, untuk masuk SD pun sekarang anak-anak DIHARUSKAN sudah bisa membaca. Ada tes masuknya. Jadi ingat percakapan ibu-ibu di commuter line yang curhat soal hal ini. Yang stres bukan cuma anaknya. Orang tuanya lebih lagi.
Anak-anak baru bersekolah setelah mereka berusia 7 tahun.
TK pun sekarang sudah punya pekerjaan rumah, meskipun cuma sekedar menebalkan garis dan menulis angka.


Sebelum mencapai usia remaja, anak-anak ini jarang sekali diminta mengerjakan pekerjaan rumah DAN tidak pernah disuruh mengikuti ujian.

Masuk SD pun ada tesnya. Terutama SD favorit.


Hanya ada satu tes yang wajib diikuti oleh pelajar, dan saat itu mereka berusia 16 tahun.
Ada beberapa sekolah yang memberlakukan pembagian kelas berdasarkan tingkat intelegensia anak.
Contoh : peringkat 1-10 masuk ke kelas A, 11-20 kelas B, dst.
Sekolah tidak membedakan anak yang pintar dan kurang pintar. Seluruhnya ditempatkan di dalam ruang kelas yang sama.
Kesenjangan begitu terlihat, banyak siswa pintar, yang kurang pun banyak.
Kesenjangan antara murid terpintar dan murid paling tidak pintar di Finlandia adalah yang terkecil di dunia. Artinya, murid paling tidak pintar pun masih terhitung pintar.
Para guru di Indonesia yang bisa mengajar mulai jam 7 pagi sampai jam 3 sore non stop. Imagine how tired they are
Setiap guru hanya menghabiskan waktu 4 jam sehari di kelas dan punya waktu 2 jam per minggu yang didedikasikan untuk ‘professional development’.
Jumlah guru dibandingkan murid sangat jauh, dalam 1 kelas biasa terdapat 35 murid, dan 1 guru.


Jumlah guru yang dimiliki oleh Finlandia sama dengan jumlah guru di New York, namun jumlah murid yang ditangani jauh lebih sedikit.
Meskipun sudah ada beberapa wilayah yang menetapkan pendidikan gratis, masih banyak pungutan2 yg harus dibayar siswa kepada sekolah, seperti uang Lab computer, Lab bahasa, dll.
Seluruh sistem pendidikan didanai oleh negara. Gratis total.
Guru harus mencari biaya untuk melanjutkan pendidikan sendiri, tak ada bantuan pemerintah kepada semua guru.


Seluruh guru harus memiliki gelar Master/S2 yang didanai seluruhnya oleh pemerintah.
Para lulusan terbaik berprofesi sebagai apa ya? Dokter, pengacara, direktur, investasi dan saham, pegawai Pajak?
Yang menjadi guru hanyalah yang merupakan 10 lulusan teratas di universitas.
Status guru (apalagi non-pns) masih sering diremehkan, & dianggap pekerjaan yang kurang mencukupi kebutuhan hidup.


Status guru di masyarakat setara dengan status pengacara dan dokter. Katanya, kalau masuk ruang kelas di Finlandia, terus murid-muridnya ditanya, Siapa yang bercita-cita jadi guru? Seperempat nya akan mengangkat tangan.

Indonesia sangatlah hebat, anak yang masih umur 3 tahun udah bisa sekolah jika dibandingkan dengan finlandia yang mewajibkan anak sekolah yang telah berumur 7 tahun. Anak-anak dinegara kita sudah sekolah duluan, tapi kok masih kalah ama finlandia ?? apa ada yang salah dengan anak-anak indonesia ??? ataukah memang sistem pendidikannya yang acak-acakan !!?? 

Kalau masalah korupsi negara kita masuk se-10 besar (secara global), tapi kalau masalah pendidikan, masuk 100 besar (secara global) pun tidak. Ditambah lagi politik merajalela, semua bidang di indonesia dipolitisasi atas dasar DEMOKRASI. Tapi Rakyat kok tetep miskin !!! Aneh, memang negara kita penuh dengan Humor.

sistem pendidikan indonesia

Bagaimana masih belum tau tentang kehebatan sistem pendidikan di indonesia ??
Sabtu, Desember 14, 2013

Indonesia Vs Korea Selatan part2| Sistem Pendidikan

sistem pendidikan indonesia

Artikel yang ini merupakan lanjutan dari artikel indonesia vs korea selatan part1 | sistem pendidikan. Masih membahas tentang perbandingan sistem pendidikan indonesia dengan sistem pendidikan di korea selatan. Berikut ini lanjutannya:

Manajemen Pendidikan

Indonesia
UUD 1945 mengamanatkan bahwa dana pendidikan selain gaji pendidik dan biaya pendidikan kedinasan dialokasikan minimal 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada sektor pendidikan dan minimal 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 13/PUU-VI I 2008, pemerintah harus menyediakan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari APBN dan APBD untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional. 


Anggaran pendidikan adalah alokasi anggaran pada fungsi pendidikan yang dianggarkan melalui kementerian negara/lembaga dan alokasi anggaran pendidikan melalui transfer ke daerah, termasuk gaji pendidik, namun tidak termasuk anggaran pendidikan kedinasan, untuk membiayai penyelenggaraan pendidikan yang menjadi tanggung jawab pemerintah.

Sedangkan pengalokasian anggaran pendidikan meliputi alokasi yang melalui beIanja pemerintah pusat dan melalui transfer ke daerah. Sementara untuk yang melalui anggaran pendidikan melalui transfer ke daerah adalah DBH Pendidikan, DAK Pendidikan, DAU Pendidikan, Dana Tambahan DAU, dan Dana Otonomi Khusus Pendidikan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah no 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pada pasal 28, bahwa Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yang dibuktikan dengan ijazah/sertifikat keahlian yang relevan, yang dikeluarkan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang terakreditasi dan ditetapkan oleh Pemerintah.

Jenis pendidikan guru yaitu Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang diselenggarakan oleh LPTK yang terakreditasi dan ditetapkan oleh Pemerintah, dengan kualifikasi akademik:
1) Pendidik pada jenjang Pendidikan Dasar minimum D-IV atau S1 pendidikan dasar.
2) Pendidik pada jenjang Pendidikan Menengah minimum D-IV atau S1 pendidikan menengah.
3) Pendidik pada jenjang Pendidikan Tinggi minimum: S1 untuk program Diploma, S2 untuk program sarjana, dan S3 untuk program magister dan program doctor.
Korea selatan
Anggaran pendidikan Korea Selatan berasal dari anggaran Negara, dengan total anggaran 18,9% dari Anggaran Negara. Pada tahun 1995 ada kebijakan wajib belajar 9 tahun, sehingga porsi anggaran terbesar diperuntukan untuk ini, adapun sumber biaya pendidikan, bersumber dari: GNP untuk pendidikan, pajak pendidikan, keuangan pendidikan daerah, dunia industri khusus bagi pendidikan kejuruan.

Kurikulum

Indonesia
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan revisi dan pengembangan dari kurikulum Berbasis Kompetensi, atau kurikulum 2004. KTSP lahir karena dianggap KBK masih sarat dengan beban belajar dari pemerintah pusat, dalam hal ini Depdiknas masih dipandang terlalu intervensi dalam pengembangan kurikulum. Oleh karena itu, dalam KTSP bahan belajar siswa sedikit berkurang dan tingkat satuan pendidikan (sekolah, guru dan komite sekolah) diberikan kewenangan untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan potensi yang ada di lingkungannya. 

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan bentuk implimentasi dari UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yang dijabarkan ke dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah ini memberikan arahan tentang perlunya disusun dan dilaksanakan delapan standar nasional pendidikan, yaitu: (1) Standar Isi, (2) Standar Proses, (3) Standar Kompetensi Lulusan, (4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, (5) Standar Sarana dan Prasarna, (6) Standar Pengelolaan, (7) Standar Pembiayaan, dan (8) Standar Penilaian Pendidikan.
Korea selatan
Penekanan pada bidang teknik dan pemanfaatan teknologi, dan di Indonesia sekarang sudah menggunakan kurikulum KTSP lebih memberikan kewenangan sekolah menyusun kurikulumnya sendiri sesuai dengan lingkungan daerahnya dengan tetap menggunakan rambu-rambu dari pemerintah pusat.

Menurut anda, bagaimana sih sistem pendidikan dinegara kita ini ??? Saking banyaknya peraturan pendidikan dinegara kita ini, saya sendiri sampek pusing membaca-nya. 
Sabtu, Desember 14, 2013

Indonesia Vs Korea Selatan | Sistem Pendidikan

perbandingan Pendidikan indonesia dan korea selatan

Aslinya artikel ini merupakan hasil review dari tugas salah satu mahasiswi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan - Universitas Jember. Artikel ini sendiri akan sedikit menggambarkan sistem pendidikan negara kita jika dibandingkan dengan negara lain. Artikel ini di pecah menjadi 2 postingan karena halaman menjadi terlalu panjang dan mengganggu pembaca kenyamanan membaca. Berikut ini kehebatan Pendidikan di Indonesia:

Sistem Pendidikan

Indonesia
Indonesia adalah negara paling demokratis didunia berasaskan keyakinan, bahwa satu lembaga politik harus menjamin adanya kebebasan dan persamaan, di samping menjujung tinggi kekuasaan hukum dan sistem perwakilan rakyat dalam parlemen.

Maka tugas pokok negara dan pemerintahan di dalam demokrasi ialah:
a) melindungi bangsa dan negara terhadap agresi dari luar dan pengrorongan dari dalam yang merusak kesatuan dan persatuan
b) Menegakkan kekuatan hukum dan menjamin keadilan, serta
c) Melaksanakan segenap konvensi dan peraturan, agar tercapai ketenangan, ketenteraman, kedamaian dan kesejateraan di dalam negeri, sebab   hukum merupakan kekuatan pokok guna menegakkan ketertiban.

Maka membimbing rakyat itu harus diartikan sebagai mendidik semua warga mayarakat, anak, orang dewasa dan orang lanjut usia, supaya: bisa berkembang dengan bebas dan maksimal, dan mampu melakukan realisai-diri, bekerja dan hidup sejahtera.

Korea Selatan
Adapun system pemerintahan Korea Selatan bersifat sentralistik, dengan system sentralistik ini maka kebijakan-kebijakan pemerintah termasuk di bidang pendidikan dapat dijalankan tanpa harus mendapat persetujuan badan legislative daerah, seperti yang terdapat pada pemerintahan system desentralisasi.

Tujuan Pendidikan

Indonesia
Untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Korea Selatan
Tujuan pendidikan Korea Selatan adalah untuk menanamkan pada setiap orang rasa Identitas Nasional dan penghargaan terhadap kedaulatan Nasional, menyempurnakan kepribadian setiap warga Negara, mengemban cita-cita persaudaraan yang universal, mengembangkan kemampuan untuk hidup mandiri dan berbuat untuk Negara yang demokratis dan kemakmuran seluruh umat manusia, dan menanamkan sifat patriotisme.

Jenjang Pendidikan

Indonesia
Jenjang pendidikan formal di Indonesia meliputi tiga jenjang, yaitu: pendidikan Dasar, pendidikan Menengah, dan pendidikan Tinggi.

a. Pendidikan Dasar.
Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah. Pemerintah menetapkan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, dan setiap warga negara yang berusia 7 (tujuh) tahun wajib mengikuti belajar pada jenjang pendidikan dasar tanpa dipungut biaya. Pendidikan dasar berbentuk: Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang Sederajat selama 6 tahun; dan sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), atau bentuk lain yang sederajat selama 3 tahun.

b. Pendidikan Menengah.
Pendidikan menengah merupakan lanjutan pendidikan dasar. Pendidikan menengah terdiri atas: Pendidikan menengah umum, berbentuk Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), atau bentuk lain yang sederajat; dan Pendidikan menengah kejuruan, berbentuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), atau bentuk lain yang sederajat, selama 3 tahun.

c. Pendidikan Tinggi.
Pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program pendidikan diploma (2-4 tahun); sarjana (4 tahun atau lebih); magister, spesialis, dan doktor (2 tahun atau lebih); yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi.
Perguruan tinggi dapat berbentuk: Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, atau Universitas. Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan program akademik, profesi, dan atau vokasi.


Korea selatan
Secara umum system pendidikan di korea Selatan terdiri dari empat jenjang pendidikan formal yaitu : Sekolah dasar, Sekolah Menengah Tingkat Pertama, SLTA dan pendidikan tinggi. Keempat jenjang pendidikan ini adalah: grade 1-6 (SD), grade 7-9 (SLTP), 10-12 (SLTA), dan grade 13-16 (pendidikan tinggi/program S1), serta program pasca sarjana (S2/S3).
Visualisasi grade pendidikan yang dimaksud adalah:

a. Sekolah dasar merupakan pendidikan wajib selama 6 tahun bagi anak usia 6 dan 11 tahun, dengan jumlah lulusan SD mencapai 99,8%, dan putus sekolah SD 0,2%.

b. SMP merupakan kelanjutan SD bagi anak usia 12-14 tahun, selama 3 tahun pendidikan.

c. Kemudian melanjutkan ke SLTA pada grade 10-11 dan 12, dengan dua pilihan yaitu: umum dan sekolah kejuruan.
Sekolah kejuruan meliputi pertanian, perdagangan, perikanan danteknik. Selain itu ada sekolah komperhensif yang merupakan gabungan antara sekolah umum dan sekolah kejuruan, yang merupakan bekal untuk melanjutkan ke akademik (yunior college) atau universitas (senior college).

d. Pendidikan tinggi/akademik (yunior college) atau universitas program S1 (senior college), pada grade 13-16, dan selanjutnya ke program pasca sarjana (graduate school) gelar master/doktor.

Untuk mengetahui kelanjutan dari artikel ini silahkan ke Indonesia Vs Korea Selatan part2| Sistem Pendidikan.
Sabtu, Desember 14, 2013

Solusi Penyimpanan Data untuk Perusahaan

data strorage
Data tidak diragukan lagi sudah menjadi darah kehidupan organisasi/perusahaan digital saat ini. Solusi penyimpanan tetap menjadi prioritas utama dalam anggaran TI karena Integritas, Ketersediaan dan Perlindungan data adalah sangat penting bagi produktivitas bisnis dan kesuksesan. Kendati demikian, peran penyimpanan data/informasi semakin lama kian tinggi.

Meskipun kebutuhan untuk penyimpanan data itu jelas dan penting, tetapi solusi yang ditawarkan dipasaran cukup bervariasi yang sering membuat bingung dalam menentukan solusi mana yang paling tepat buat perusahaan. Memilih solusi tersebut merupakan keputusan individu yang disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak ada pilihan yang benar atau salah, semua itu bergantung pada masing-masing individu.

Tetapi meskipun demikian, kita harus tetap fokus pada kebutuhan khusus dan tujuan bisnis untuk jangka panjang perusahaan agar tepat guna. Berikut beberapa kriteria kunci untuk dipertimbangkan, antara lain:

  • Kapasitas - jumlah dan jenis data (level file atau level blok) yang perlu disimpan dan dibagi.
  • Kinerja - I/O dan persyaratan dari throughput.
  • Skalabilitas - pertumbuhan data jangka panjang.
  • Ketersediaan dan Keandalan - bagaimana keadaan data dan aplikasi bisnis.
  • Perlindungan data - persyaratan Backup dan pemulihan.
  • Staf TI dan sumber daya yang tersedia.
  • Anggaran yang tersedia.

Secara umum dipasaran, saat ini ada 3 solusi untuk media penyimpanan untuk perusahaan, yaitu Direct-Attached Storage (DAS), Network-Attached Storage (NAS) dan Storage Area Networks (SAN).
Berikut ini detail mengenai storage diatas:


1. DAS: Ideal untuk Local Data Sharing

Direct-Attached Storage (DAS) perusahaan
Direct-Attached Storage (DAS) merujuk pada sistem penyimpanan digital secara langsung yang terpasang ke server atau workstation, tanpa storage network di antaranya. Dengan kata lain storage yang menempel langsung (point-to-point) pada server atau komputer kita. Termasuk dalam kategori Direct-Attached Storage yaitu apabila kita menggunakan eksternal storage yang dihubungkan ke channel eksternal SCSI card yang kita gunakan. 

Teknologi ini cocok untuk kondisi yang membutuhkan akses cepat ke system disk karena DAS memiliki transfer rate yang sangat cepat antara server dan hard disk. Jadi, banyak aplikasi yang umumnya compatible dengan teknologi ini.

DAS juga cocok untuk jaringan yang kecil. Dari segi biaya serta kapasitas media penyimpanan (hard disk), maka teknologi ini masih jauh lebih murah dibandingkan dengan teknologi yang lain.

DAS sangat ideal untuk file sharing secara lokal dalam lingkungan dengan server tunggal atau beberapa server, misalnya usaha kecil atau departemen atau kelompok kerja yang tidak perlu berbagi informasi jarak jauh atau antar perusahaan. Perusahaan kecil biasanya memanfaatkan DAS untuk kebutuhan menyimpan file atau e-mail, sedangkan perusahaan besar bisanya menerapkan teknologi campuran yaitu menggunakan DAS disamping NAS dan SAN. DAS juga menawarkan kemudahan manajemen dan administrasi, karena dapat dikelola menggunakan sistem operasi jaringan dari server terpasang. Namun, kompleksitas manajemen dapat meningkat cepat dengan penambahan server baru. Hal ini dikarenakan penyimpanan untuk setiap server harus diberikan secara terpisah.

Dari perspektif ekonomi, investasi awal model penyimpanan DAS lebih murah. DAS juga dapat berfungsi sebagai solusi sementara bagi mereka yang ingin bermigrasi ke penyimpanan jaringan (network storage) di masa yang akan datang. Untuk perusahaan yang mengantisipasi pertumbuhan data, penting untuk diingat bahwa DAS terbatas dalam skalabilitas. 

Kekurangan teknologi ini adalah harus maintain setiap DAS satu persatu, menggunakan monitoring tools untuk mengetahui besar kapasitas storage yang sedang digunakan.


2. NAS: File-level data sharing yang cocok untuk antar gedung 

Network-Attached Storage (NAS) perusahaan
Network-Attached Storage (NAS) adalah storage hard disk yang dikonfigurasi dengan memberikannya IP Address dan dipasang di jaringan LAN (bukan dgn cara memasang langsung di komputer yang menjalankan aplikasi), sehingga dapat diakses oleh beberapa user sekaligus. Dengan cara memindahkan akses ke storage beserta manajemennya dari server seperti ini, maka program aplikasi dan file dapat diakses lebih cepat, tidak menggunakan resource prosesor yang sama lagi. NAS ini terdiri dari hard disk storage (umumnya juga termasuk sistem RAID multi disc) beserta software untuk mengkonfigurasinya. Dari sisi instalasi, perbedaan NAS dengan DAS adalah sejak awal pengguna NAS sudah harus menentukan berapa besar hard disk yang akan dialokasikan untuk keperluan tertentu.

NAS merupakan pilihan ideal utk perusahaan yang ingin mencari cara sederhana dan biaya-efektif guna mencapai akses data yang cepat bagi banyak client pada tingkat file. Pada awalnya NAS diperuntukkan kepada perusahaan kecil dan menengah. Walaupun demikian, NAS tetap menjadi primadona dikalangan enterprise karena harga dan kemudahan penggunaannya. Khusus utk perusahaan kecil, NAS merupakan solusi terbaik karena NAS sangat mudah untuk diinstall, digunakan, dan dikelola walaupun tanpa orang TI sekalipun. Berkat kemajuan teknologi disk drive, mereka juga mendapatkan keuntungan dari biaya yang lebih rendah dalam arti kata dapat menekan anggaran belanja TI.

Sistem NAS dapat diintegrasikan ke dalam lingkungan apapun dan melayani file pada semua platform operasi. Pada jaringan, sistem NAS muncul seperti native file server untuk masing-masing client yang berbeda. Itu berarti bahwa file akan disimpan pada sistem NAS, serta diambil dari sistem NAS, dalam format file asli si-client. NAS juga didasarkan pada protokol industri jaringan standar seperti TCP/IP, FC dan CIFS.

Kekurangan NAS selain harga yang lebih mahal dibanding dengan DAS, yaitu kecepatan akses dari server ke storage dibatasi oleh kecepatan jaringan yang dimiliki, karena NAS diletakan dalam jaringan LAN. Selain itu, bila membutuhkan akses cepat ke block device (seperti dalam aplikasi database), tidak disarankan untuk menggunakan NAS. Aplikasi yang membutuhkan akses ke block-device sangat bagus bila menggunakan solusi Direct Attached Storage (DAS) atau Storage Arena Network (SAN).


3. SAN: Blok data besar dengan metode akses teknologi jaringan 

Storage Area Network (SAN) perusahaan
Storage Area Network (SAN) adalah sebuah jaringan berkecepatan sangat tinggi yang khusus, terdiri dari server dan penyimpan (storage). Terpisah & berbeda dengan LAN/WAN perusahaan, tujuan utama SAN adalah untuk menangani trafik data dalam jumlah besar antara server dan peralatan penyimpan, tanpa mengurangi bandwidth yang ada di LAN/WAN. Biasanya tersambung melalui Fiber Channel, sebuah teknologi komunikasi data berkecepatan sangat tinggi, menjadikan SAN sebuah jaringan dedicated yang platform-independent yang beroperasi dibelakang server.

SAN terdiri dari infrastruktur komunikasi, yang memberikan sambungan fisik, dan lapisan manajemen, yang mengatur sambungan, elemen penyimpan, dan sistem komputer sehingga menghasilkan transfer data yang sangat aman dan handal. SAN merupakan solusi konfigurasi masa depan untuk media penyimpanan data dalam jumlah besar (TeraByte) dalam berbagai servis yang berbasis online di internet maupun intranet. 

Keuntungan utama dari SAN adalah:
  • Availability:
    Satu copy dari data jadi dapat di akses oleh semua host melalui jalur yang bebeda dan semua data lebih effisien dalam me-manage-nya.
  • Reliability:
    Infrastruktur transport data yang dapat menjamin tingkat kesalahan yang sangat minimal, dan kemampuan dalam mengatasi kegagalan.
  • Scalability:
    Server maupun media penyimpanan (storage) dapat ditambahkan secara independent satu dan lainnya, dengan tanpa pembatas harus menggunakan sistem yang proprietary.
  • Performance:
    Fibre Channel (standar enabling teknologi untuk interkonektifitas SAN) mempunyai bandwidth 100MB/ps bandwidth dengan overhead yang rendah, dan SAN akan memisahkan trafik backup dengan trafik standar LAN/WAN.
  • Manageability:
    Berkembangnya perangkat lunak dan standar baik utk FC-AL (Fibre Channel Arbitrated Loop) maupun Fibre Channel fabric memungkinkan managemen dilakukan secara terpusat dan koreksi dan deteksi kesalahan yang pro-aktif.
  • Return On Information Management:
    Karena bertambahkan tingkat redudansi dan kemampuan managemen yang baik, maupun kemampuan untuk di tambahkan server dan media penyimpan (storage) secara independen - SAN pada akhirnya memungkinan biaya kepemilikan yang rendah pada saat yang sama menaikan Return On Information Management (ROIM) di bandingkan metoda penyimpanan tradisional.

Kesimpulan

Dengan berbagai teknologi penyimpanan informasi yang tersedia saat ini, bagaimanakah cara yang terbaik untuk menentukan solusi mana yang paling tepat untuk sebuah perusahaan? DAS, NAS dan SAN semua menawarkan keuntungan yang luar biasa, tetapi masing-masing hanya cocok untuk lingkungan dan situasi tertentu.
Untuk itu saya akan memberi sedikit gambaran umum sebagai bahan pertimbangan dalam memilih strorage untuk sebuah perusahaan:

  1. Berapa anggaran biaya untuk storage-nya ??? 
  2. Pertimbangkan sifat data dan aplikasi, seberapa kritis dan intensif-kah pengolahan data-nya?
  3. Berapa tingkat minimum yang disepakati terhadap kinerja dan ketersediaan data? 
  4.  Apakah data yang di-sharing atau dikelola itu untuk satu lingkungan kantor, ataukah didistribusikan antar gedung atau perusahaan?

Oleh karena itu, sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk memiliki seorang profesional TI. Karena seorang TI akan membuat penilaian yang komprehensif dari kondisi dan persyaratan dari segala aspek disamping menjaga tujuan bisnis perusahaan untuk jangka panjang.
Selasa, Desember 10, 2013

Kisah Romantis & Mengharukan

Kisah Romantis & Mengharukan
Berhubung banyak tugas dari dosen, tak coba cari file yang dulu pernah disimpan diharddisk kali aja nemu ilham buat tugasnya. Tapi malah nemunya ini, sumbernya sendiri lupa dari mana. Begini kisahnya,

Sepasang remaja sedang jalan- jalan keluar kota dengan mengendarai mobil sang cowok. Setelah sore hari, tiba-tiba mobilnya mogok. Dan setelah kesana kemari mencari bengkel nggak ketemu juga, akhirnya mereka berdua memutuskan untuk menginap di hotel terdekat.

Sesampainya di hotel, Alex sang cowok memesan 2 kamar. 1 untuk dirinya dan 1 lagi untuk pacarnya. Tapi ternyata kamar sudah penuh semua dan tinggal 1 kamar lagi dengan 1 tempat tidur. Untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan, maka tempat tidurnya dibagi 2 dengan bantal dan guling sebagai pemisahnya.

Esok harinya semua aman, tidak terjadi apa-apa dan mobil si Cowok sudah benar kembali dan kemudian mereka melanjutkan perjalanannya. Ditengah jalan, tiba-tiba saputangan si cewek terbang di tiup angin dan melayang keluar mobil jauh sekali. Karena sayangnya pada si cewek, maka Alex turun dari mobilnya dan mencari sapu tangan itu. 

Alex turun ke jurang dan naik bukit serta masuk ke hutan untuk mencari sapu tangan yang melayang tertiup angin.

Dan akhirnya ketemu juga sapu tangan itu. Dengan rasa bangga Alex memberikan sapu tangan itu ke pacarnya, tapi apa yang terjadi ? “Plakkk” ……… Alex ditabok oleh pacarnya.

Antara rasa sakit dan bingung, Alex bertanya pada pacarnya “Ada apa sih? udah capek-capek diambilin, bukannya ngucapin terima kasih, eh… malah ditabok..

Dengan jengkel si cewek menjawab “Kamu berani nurunin jurang, mendaki bukit, nyebrang sungai hanya untuk mengambil sapu tanganku. Tapi semalam, hanya bantal dan guling aja nggak berani kamu lompati !!!"

Pesan moral: Bagi kaum wanita, carilah seorang pria yang bisa melindungi dan menjaga. Bukan mencari pria yang cuman modal tampang dan uang. Ingat kalau ganteng belum tentu pemberani kayak difilm-film action. Dan jika kaya belum tentu uangnya milik sendiri, paling minta ke orang tua.