search

Pengikut

Tips Aman main Game | Komputer

tips main game di komputer
Tau ndak kalau tidak semua komputer yang di buat dapat memainkan semua game yang ada !!!

Komputer yang mempunyai spesifikasi rendah, mungkin tidak dapat memaikan beberapa game generasi sekarang yang memiliki grafis super, namun di artikel ini saya akan membahas bagaimana memainkan game komputer dengan aman tanpa memperpendek umur komputer tersebut.

Usahakan jika anda bermain game lihat spesifikasi game tersebut terlebih dahulu, apakah komputer anda sanggup untuk memainkannya atau tidak ?. Spesifikasi komputer yang tinggi sangat berperan penting dalam hal ini. Kita seringkali memaksakan komputer untuk bermain game, tanpa kita sadari anda telah memaksakan komputer untuk melakukan pekerjaan di atas kemampuannya dan beresiko merusak hardware didalam komputer tersebut. 

Kalau anda ingin mengetahui spesifikasi atau komponen-komponen penting dalam memainkan game, berikut beberapa tipsnya:

  1. Komponen yang paling penting adalah VGA (Video Graphic Aray)
    Hadrware yang satu ini merupakan komponen penting dalam sebuah game, karena komponen inilah yang menentukan kualitas grafis dalam komputer. Dalam game yang ingin kita mainkan apakah ada ketentuan memakai VGA onboard atau VGA Card ? jika memang memakai VGA Card lihat lebih detail spesifikasi VGA yang dibutuhkan. 
    Saran: Kalau bisa spesifikasi VGA komputer anda harus lebih tinggi dari spefikasi game yang dibutuhkan (walaupun cuman lebih tinggi sedikit). Ini mencegah agar hardware tersebut tidak cepat panas.

  2. CPU (Central Processing Unit)
    Lihat juga spesifikasi CPU dari game tersebut. 
    Saran:
     Dalam melihat spesifikasi CPU game jangan terkecoh dengan kecepatan CPU tapi lihat jenis CPU yang bisa menjalankan game tersebut. Contoh: CPU pentium 4 spesifikasi kecepatannya hampir sama dengan Core i3 namun jangan samakan kedua CPU tadi, karena keduanya memiliki arsitektur yang berbeda.

  3. Memory
    Memory menentukan stabil tidaknya sebuah game, karena berperan dalam menyimpan beberapa item dalam game (bukan save).
    Saran:
    Jangan cuma melihat memory dari kapasitasnya doang, tapi lihat juga dari sisi kecepatan.

  4. Matikan Software
    Maksud dari kalimat diatas adalah matikan software yang tidak perlu seperti antivirus, atau software yang berjalan di underground (jika pengen jelas lihat di taks manager).
    Saran: Kenapa antivirus harus dimatikan ??  menurut pengalaman saya, ketika main game, antivirus juga ikut running dan kadang-kadang scan tanpa di perintah. Hal inilah yang memyebabkan game ngadat. Itu disebabkan antivirus mengambil sebagian resource CPU dan Memory.

  5. Gunakan Pendingin yang baik
    Dalam memainkan game, semua hardware dalam komputer cenderung cepat panas karena semua hardware tersebut bekerja berbarengan.
    Saran: Pilih pendingin (Fan) yang bagus pada Case dan pada procesor.

  6. Jangan Percaya
    Jangan percaya !!! apanya ?? mungkin itu yang anda pikirkan ketika membaca judul tips ke-enam. Maksudnya jangan percaya dengan tips yang ada di internet yang katanya bisa memainkan game berat hanya menggunakan software tanpa harus mempunyai komputer spesifikasi yang tinggi (hardware).
    Saran: Dalam dunia IT yang saya ketahui, sebuah hardware tidak dapat di akali atau spesifikasinya di manipulasi karena hardware merupakan spesifikasi (batasan minimum-maksimum) tapi hal ini tidak menutup hardware dapat dipaksa kinerjanya namun ada satu resiko yang harus dihadapi. Resikonya adalah umur hardware pendek atau cepat rusak. Kalau tidak percaya lihat aja Overclock (teknik memaksa kinerja procesor). 

Kesimpulan:

Jika memang anda ingin nyaman dalam memainkan game, maka sebaiknya spesifikasi komputer melebihi spesifikasi game (spesifikasi recommend). Jika anda memaksa komputer yang memiliki spesifikasi rendah untuk memainkan game maka anda akan mendapatkan pepatah dari saya "Kesenangan sekarang menjadi tangisan Esok".


Share This

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda,
Bermanfaat silahkan like, tweet dibawah ini

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply