search

Pengikut

Google Rayakan Ultah Grace Hopper

Grace Hopper sang penemu COBOL
Pada hari ini Senin 9 Desember 2013 Google memperingati hari kelahiran Grace Hopper. Siapa sih Grace Hopper ??? kok saya ndak tau !! mungkin saya terlalu sering dengar bahasa JAVA jadi bahasa pemprogram yang lain jadi kedengaran asing. 

Grace Hopper merupakan sang pencipta bahasa pemrograman COBOL. Google Doodle menampilkan animasi menggambarkan display turunan bahasa pemrograman C itu. Google sendiri sering menampilkan peringatan atau hari-hari besar dari tokoh-tokoh terkenal dan berjasa dalam bentuk animasi dalam Google Doodle.

Grace Hopper merupakan wanita yang sukses membuat spesifikasi bahasa COBOL (singkatan dari Common Business Oriented Language). Merupakan bahasa pemrograman generasi ketiga. Bahasa COBOL dapat menyelesaikan masalah-masalah akuntansi yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain.

Nama lengkap Grace Hopper sendiri adalah Grace Murray Hopper lahir pada 9 Desember 1906. Ia sangat terkenal dalam bidang ilmu komputer. Tak heran jika Grace Hopper adalah salah satu programmer pertama dari komputer Harvard Mark I, dan mengembangkan compiler pertama untuk bahasa pemrograman komputer. 

Dia juga mempopulerkan istilah “debugging” untuk memperbaiki gangguan komputer (terinspirasi oleh ngengat yang sebenarnya dihapus dari komputer).

Karena segudang prestasi dan peringkat angkatan laut, dia kadang-kadang disebut sebagai “Amazing Grace”.Angkatan Laut AS USS Hopper (DDG-70) adalah nama untuk dirinya, seperti Cray XE6 “Hopper” superkomputer di NERSC dan juga ruang belajar di Chalmers University of Technology. 

Grace Murray Hopper meninggal dunia pada 1 Januari 1992.

Share This

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda,
Bermanfaat silahkan like, tweet dibawah ini

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply