search

Pengikut

Hardware yg perlu dalam merakit Komputer

Membeli | Merakit Komputer - Bagi anda yang ingin merakit komputer sendiri atau malah ingin membeli komputer yang telah jadi atau komputer paket. Ini merupakan hal/tips yang wajib anda ketahui.
Pertama-tama harus tau komponen apa saja yang penting pada komputer ? 
Kebanyakan akan menjawab pasti CPU. Tapi tau-kah anda bahwa CPU (Central Processing Unit) di indonesia di ibaratkan/sering dipresepsikan "casing" yang telah berisi hardware-hardware lain seperti motherboard, memory dan CPU/processor, padahal CPU sendiri adalah Central Processing Unit yang berfungsi sebagai otak dari sebuah komputer.

CPU (Central Processing Unit)

amd vs intel
Biasa juga kita kenal sebagai “processor” atau “otak” dari komputer. Fungsi dari CPU ini adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. CPU sendiri terletak pada komponen motherboard. Kebanyakan pada jenis-jenis CPU terbaru, sudah dilengkapi pula dengan Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi ke dalam CPU, sehingga dapat meningkatkan kualitas grafis komputer walau tidak memakai VGA-Card.

Saran: Pilih-lah CPU yang sesuai dengan kebutuhan anda. Maksud dari kebutuhan adalah jika anda hanya menginginkan sebuah komputer untuk bahan office (cuman buat ngetik/nulis artikel) tidak usah memilih CPU sampai core i7, core i3 aja saya rasa udah cukup. Tapi jika anda pengen komputer yang memilki performa tinggi untuk desain grafis, multimedia bahkan nge-game maka saya sarankan beli-lah CPU core i7 extreme atau amd AMD FX-9590.

Motherboard

berbagai macam Motherboard
Motherboard/mainboard adalah komponen utama untuk membangun sebuah komputer. Berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk menancapkan komponen-komponen lain (CPU, memory, hardisk, VGA card ) atau dapat lewat perantara kabel-kabel. Fungsinya sendiri adalah untuk menghubungkan seluruh komponen PC.

Saran: Pilih-lah Motherboard yang sesuai dengan kebutuhan anda dan lihat juga spesifikasi slot. Emang ada yang lebih penting selain CPU ?? gini aja, jika anda memiliki CPU core i7 atau AMD FX-9590 tapi kualitas motherboard anda jelek atau slot-slot motherboard tidak cocok dengan hardware yang anda beli maka uang yang telah anda keluarkan untuk membeli CPU akan sia-sia. Anda belum mengerti ?? 
Saya umpakan CPU sebagai otak anda dan memiliki IQ tinggi, tapi anda tidak memiliki badan yang sehat (sakit-sakitan). Maka apa yang terjadi pada anda ?

RAM (Random Access Memory)

main memory ram
RAM berfungsi sebagai tempat menyimpan data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan selain itu RAM juga dapat berperan sebagai komponen yang dapat mempercepat proses operasi-operasi/program yang tengah dijalankan CPU. Saya berikan contohnya: 
Jika anda sedang mengerjakan tugas di office (word/exel/power point) setelah selesai, anda tinggal sebentar lalu terjadi mati lampu (padam) tapi anda baru ingat bahwa file tadi masih belum disimpan (save) maka apa yang terjadi pada file anda ?? Saya jawab yaaa!!!, pasti file anda tadi akan hilang. Itu karena office (word/exel/power point) tadi tidak dapat menyimpan file anda ke hard-disk (permanen) melainkan akan menyimpan secara otomatis ke memory (sementara).

Saran: Jika anda menginginkan komputer yang dapat berjalan tanpa ada-nya crash/not responding atau untuk main game beli-lah memory yang memiliki kecepatan akses tinggi dan ukuran penyimpanan data yang besar tapi ingat sesuaikan dengan slot dan spesifikasi motherboard.

Video Graphic Array (VGA)

radeon vs nvidia
VGA berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor, bahasa simple-nya sih komponen yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja/kualitas grafis dari suatu komputer. Pada umum-nya VGA memiliki 2 tipe yaitu VGA card (terpisah dari motherboard) dan VGA onboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.

Saran: Ini adalah persoalan mata. Jika ingin kualitas tampilan atau grafis komputer bagus, apalagi komputer tersebut ingin anda gunakan untuk bidang multimedia atau bahkan sekedar main game maka saya saran-kan beli-lah VGA card. Tapi baca dulu perumpamaan saya ini : 
Semakin bagus kualitas VGA card (radeon atau geforce) maka semakin baik kualitas grafis sebuah komputer dan berbanding lurus dengan pengeluaran dompet kita (menipis).

Hard Disk Drive (HDD) 

penyimpanan permanen - hardisk
Hard-disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah sistem komputer (permanen). Jenis-jenis hard-disk sendiri sangat beragam tergantung kapasitas, kecepatan dan ukuran.

Saran: Biasa-nya seorang yang ingin membeli komputer paket atau laptop, akan menanyakan :
Ini pake' CPU merk dan jenis apa?? Hard-disk-nya berapa Giga? 
Sebagai catatan kualitas sebuah hard-disk bukan hanya diukur dari berapa Giga kapasitas-nya melainkan seberapa cepat hard-disk tersebut dapat mengirim data (transfer) dan seberapa besar buffer-nya.

Power Supply Unit (PSU) 

power supply
Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing.

Saran: Pilih PSU sesuai kebutuhan PC, Kenapa PC ?? Jika kebutuhan PC (Motherboard, CPU, Memory) adalah 450watt maka sebaik-nya anda membeli PSU yang mempunyai daya 500watt. kurang jelas ? saya berikan contoh: 
PC 450watt, anda membeli/memakai PSU yang memiliki daya dibawah 450watt maka apa yang terjadi ?? PC anda tidak bisa dihidupkan, kalaupun hidup ada salah satu komponen yang tidak akan berjalan. 1 lagi hal ini dapat membuat komponen di dalam casing akan cepat rusak. 
Bagaimana Jika PSU lebih dari 450watt, misal 800watt apa yang terjadi ?? PC anda berjalan lancar tapi lihat-lah dompet anda, pasti cepat kosong karena bayar tagihan listrik. hehehe

Monitor 

monitor LED
Disebut juga screen atau display. Fungsi dari layar monitor adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat VGA.

Saran: Pilih-lah monitor dari spesifikasi Resolusi layar, Contrast ratio, Respon time, Dot pitch, View angle, Size screen, Brightness dan konektor LCD.

Optical Disc Drive 

Optical Disc Drive
Optical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.

Saran: Biasa-nya pengguna sering membeli ODD dengan patokan merk/pabrikan. Memang benar merk ODD juga dapat menentukan kualitas dari ODD yang akan dibeli tapi ada hal penting lain-nya dalam memilih ODD yaitu Garansi, Ketahanan dan kecepatan Read/Write.

Keyboard dan Mouse 

Keyboard dan Mouse
Keyboard dan mouse berfungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer. Ukuran dan bentuk dari kedua alat ini cukup beragam, namun fungsinya sama saja.

Saran: Pilih-lah sesuai kecepatan respon dan Ketahanan

LAN Card

LAN card
Fungsinya sebagai penghubung komputer dalam suatu jaringan.

Saran: Jika anda ingin membuat warnet atau pengen membuat sebuah komputer jaringan, maka perhatikan PC yang akan anda beli apakah sudah dilengkapi dengan LAN card atau belum.

Uninterruptable Power Supply (UPS) 

Uninterruptable Power Supply (UPS)
Sering disebut juga sebagai baterai cadangan, fungsi utama UPS adalah menyimpan dan menyediakan cadangan listrik yang akan digunakan ketika sumber listrik utama padam. Selain sebagai cadangan listrik, kebanyakan UPS juga berfungsi sebagai “stabilizer” yang mengatur aliran listrik agar sesuai dengan yang dibutuhkan.

Saran: Komponen yang satu ini biasa-nya dianggap tidak penting oleh pembeli karena tidak disertakan dalam komputer paket dan merupakan komponen tambahan dari sebuah komputer PC yang sudah lengkap. Tapi ini sangat saya saran-kan karena UPS ini dapat membuat komponen PC tetap awet atau tidak cepat rusak akibat naik turun-nya (tidak stabil) arus listrik didalam PC+mati lampu.

Speaker 

Fungsi dari speaker adalah sebagai alat output suara yang dihasilkan dari komputer. Selain speaker, sering juga kita temukan orang yang menggunakan headphone/headset sebagai alat output suara. Saran: Bagi anda yang ingin membeli komputer paket, maka lihat dulu spesifikasi dari PC-nya. Apakah sudah dilengkapi dengan speaker ataukah tidak??

Kesimpulan 

Jika kita ingin merakit atau membeli komputer sebaik-nya rinci terlebih dahulu komputer seperti apa yang ingin anda beli atau rakit. Menurut saya sendiri ada 3 hal yang harus dipertimbangkan dalam merakit komputer yaitu:

  1. Dari sisi Fungsi:
    Nanti komputer-nya akan digunakan untuk bidang apa ??? (multimedia, game, office atau programming). 
  2. Dari sisi Hardware:
    Sebagian orang akan memilih hardware yang paling bagus kualitas-nya, tapi taukah anda bahwa hardware yang bagus tidak menjamin kecepatan dan kualitas yang bagus pula melainkan sinkron tidak-nya semua hardware. Bagi yang bukan teknisi pasti udah bingung baca penjelasan ini. Gini aja deh saya umpama'in ; Anda membeli CPU core i7 E, memory 8GB dan VGA 2GB Gtx tapi Hardisk anda cuman punya buffer 2mb+5400rpm. Dengan hardware seperti itu apakah komputer anda dapat berjalan maksimal?? 
  3. Dari Sisi Kondisional (keuangan):
    Uang ? Jika anda cuman punya uang mepet (dompet tipis) sebaik-nya jangan bermimpi punya komputer yang High Performance. Emang bermimpi ndak boleh, kalau saya overclock gimana hayoo?? memang bisa, tapi.... Overclock sendiri adalah teknik pemaksaan terhadap hardware agar bekerja di atas batas maksimal (melampaui performance sebenarnya) serta harus memiliki pendingin yang cocok walaupun begitu biasanya rasio/range hidup hardware yang di overclock tidak akan bertahan lama alias cepet rusak.
Berhubung tangan udah capek ngetiknya, udah segitu dulu tips dari saya.

Share This

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda,
Bermanfaat silahkan like, tweet dibawah ini

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply