search

Pengikut

Yahoo akan Mengenkripsi Data Usernya pada 2014

Yahoo Mulai Mengenkripsi Data Penggunanya
Raksasa internet penyedia e-mail dan mesin pencari, Yahoo menguumkan bakal mengenkripsi semua informasi digital penggunanya yang berada di pusat server Yahoo mulai maret 2014 mendatang.

Langkah ini dilakukan Yahoo, menyusul pembocoran dokumen yang dilakukan mantan anggota Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat, Edward Snowden. Dokumen tersebut mengungkapkan, pihak NSA dan badan keamanan Inggris GCHQ telah menyusup ke pusat data Yahoo dan Google secara ilegal.

Yahoo tak ingin kecolongan lagi setelah pemerintah AS dan Inggris secara diam-diam melakukan penyadapan dan mengakses data penggunanya, tanpa sepengetahuan perusahaan. Padahal, pihaknya menyediakan opsional bila pemerintah ingin meminta data tertentu dari Yahoo, maka mesti mengajukan permohonan dulu, namun dengan sejumlah syarat dan ketentuan berlaku.

Dilansir dari BBC, CEO yahoo Marissa Mayer menegaskan, Yahoo tidak akan pernah memberikan akses kepada NSA maupun badan pemerintah manapun untuk bisa langsung mengakses pusat datanya.
“Tidak ada yang lebih penting bagi kami selain melindungi rahasia pribadi pengguna kami,” ujar bos Yahoo berparas cantik itu.
Pesaing terdekatnya, Google sudah lama melakukan enkripsi di layanan e-mail-nya. Google pun juga sudah melakukan proses enkripsi di pusat datanya sejak Juni tahun ini. Tampaknya, Yahoo masih terkesan lamban untuk melakukan antisipasi terkait adanya penyadapan ini. Padahal, Google telah melakukan pengenkripsian data jauh-jauh hari, sebelum informasi dokumen yang dibocorkan Snowden mencuat pada akhir Oktober lalu.
“Yahoo bergerak bersama perusahaan lain ke dalam arah ini. Ini lebih baik daripada tidak ada pengenkripsian. Namun, apakah ini sudah cukup?. Ini mungkin membuat hacker lebih sulit meretas, namun mungkin tidak bagi instansi pemerintah untuk mengaksesnya, tergantung dari jenis enksripsi apa yang digunakan,” kata Profesor Mark Manulis, seorang ahli kriptografi dan kemananan jaringan dari University of Surrey.
Sekuat apapun sistem yang dibuat pasti dapat ditembus karena manusia yang menciptakannya. Saran saya jika data tersebut sangat rahasia jangan disimpan dalam suatu jaringan komputer (internet).

Sumber: jagatreview.com

Share This

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda,
Bermanfaat silahkan like, tweet dibawah ini

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply