search

Pengikut

SPAM

efek buruk komentar spam
SPAM atau sering disebut dengan junk mail, adalah email yang tidak diinginkan oleh pengguna fasilitas komputer dalam bentuk surat elektronik (email), Instant Messaging, Usenet, newsgroup, blog, dll. SPAM biasanya bersifat iklan atau promosi-promosi secara besar-besaran dan bertubi-tubi dari perusahaan atau produk. Orang yang melakukan tindakan  SPAM disebut spammer sedangkan tindakan dari para spammer atau proses spam disebut dengan nama spamming.

Efek SPAM untuk para blogger

SPAM yang paling ber-efek untuk para blogger adalah komentar SPAM. Komentar SPAM adalah komentar yang tidak diharapkan, tidak berkaitan, serta tidak ditujukan untuk merespon atau mendiskusikan sebuah pembicaraan di dalam artikel/posting blog. Tujuannya sendiri hanyalah untuk meninggalkan "jejak", berpromosi tanpa cara yang layak, dan biasanya dalam komentarnya disertakan link yang akan menuju ke blog sang pengomentar. Berikut ini hal yang bisa disebabkan oleh komentar SPAM:
  1. Membuat pengguna atau pembaca menjadi risih dan biasanya pembaca tidak membaca blog atau bahkan pergi dari blog dan tak akan kembali lagi ke blog kita
  2. Hal yang paling dibenci oleh googlebot atau mesin pencari
  3. Menurunkan rangking SEO
  4. Merusak reputasi dan kredibilitas blog

Di Blogger, sangat sulit untuk mengatur/melakukan filter terhadap komentar spam karena tidak tersedia plugin. Namun ada beberapa hal yang dapat, diataranya:
  • Melakukan pencegahan dengan menggunakan pengaturan:
mengatasi komentar spam di blogspot atau blogger

  • Gunakan rel="nofollow" pada komentar. Hal ini untuk mencegah googlebot atau mesin pencari untuk mengindex.
  • Memfilter/memilih sendiri yang termasuk komentar SPAM dan menghapusnya. 

Kesimpulan
Komentar bisa menjadi sumber informasi yang baik dan menjadi alat berdiskusi dengan pengunjung, pembaca, atau sesama blogger sebagai bahan pertimbangan kita. Dan jangan pernah memelihara komentar SPAM dan jangan juga membuat komentar SPAM pada blog orang lain walaupun untuk tujuan promosi.

Share This

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda,
Bermanfaat silahkan like, tweet dibawah ini

4 komentar

keren mas
apanya yang keren ???
Delete
ReplyDelete
kebanyakan postingan bersifat passif gan, gak ngajak pengunjung untuk mengeluarkan pendapatnya, selain itu konten monoton juga berpengaruh.

salam kenal gan

qorisme
salam kenal juga
yuwaka

bener banget pendapat qorisme
kebanyakan pengunjung cuman sebatas mampir, ngelike aja ndak.
Ada juga sih pengunjung yang kasih komentar, tapi malah komentar spam. Dan yang paling dibenci adalah pengunjung yang sebatas mampir mencari artikel yang menarik, lalu dicopas tanpa permisi.
Delete
ReplyDelete

Posting Komentar

Cancel Reply