search

Pengikut

Rencana pembentukan cyber army

persiapan cyber army indonesia
Indonesia memiliki banyak sumber daya manusia (SDM) andal untuk mendukung pembentukan cyber army atau tentara siber, kata pakar teknologi informasi Universitas Negeri Semarang Sugiyanto.
Cyber army ini penting dimiliki. Perang atau serangan yang mengancam kedaulatan negara bukan hanya sebatas fisik, tetapi juga di dunia maya atau biasa disebut cyber war, katanya di Semarang.
Menurut Ketua Badan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) Unnes itu, ancaman dan serangan terhadap pertahanan suatu negara melalui dunia maya bisa terjadi sewaktu-waktu. Ia menambahkan serangan lewat dunia cyber itu bisa terjadi pada apa pun, terutama sistem yang terkoneksi dengan jaringan, seperti lalu lintas penerbangan atau penyadapan informasi negara yang bersifat rahasia.
Sebenarnya, wacana pembentukan 'cyber army' ini sudah cukup lama, tetapi sekarang mulai mengemuka kembali. Sebab, keberadaan tentara cyber ini memang sangat penting untuk menjaga pertahanan negara, katanya.
Ia memastikan bahwa Indonesia punya cukup banyak SDM yang ahli dalam bidang informasi dan teknologi, tetapi kekurangannya lebih pada infrastruktur dan adanya regulasi yang mengatur. 
Saya melihat kendala cyber army ini pada belum adanya regulasi. Setelah itu, persiapkan infrastrukturnya secara memadai. Kalau SDM, kita punya banyak ahli yang bisa diandalkan, katanya.
Cyber army tidak membutuhkan banyak personel sebagaimana pasukan-pasukan yang memang disiapkan untuk menghadapi serangan secara fisik, tetapi yang penting sistemnya terintegrasi. 
Cyber army ini juga tidak perlu banyak tempat. Yang penting terintegrasi. Kalau tentara yang ditugaskan secara fisik harus berpatroli, mereka ini (cyber army) juga. Hanya, berpatrolinya di dunia maya, kata Sugiyanto
Apakah dengan cyber army, indonesia dapat lebih maju ?? 
Apakah nanti cyber army tidak disalahgunakan oleh pemerintah ?? 
Ataukah lebih penting cyber army daripada kesejahteraan rakyatnya ?? 
Apakah langkah ini diambil agar kejadian spionase australia tidak terulang lagi !!! 
Bagaimana nasib rakyat yg kelaparan dan masa depan bangsa yang putus sekolah gara-gara korupsi yang meraja rela !!!...
Aneh, pendidikan untuk anak-anak (masa depan bangsa) aja masih belum merata malah mikirin spionase, memang yang spionase cuman australia ?? 
Kalau udah terjadi spionase akan terjadi perang ?? memang gunanya PBB apa coba !!! negara dengan 1000 humor.


Sumber: metrotvnews.com

Share This

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda,
Bermanfaat silahkan like, tweet dibawah ini

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply