search

Pengikut

SEO On-page dan SEO Off-page

SEO On-page dan SEO Off-page untuk menaikkan traffic

SEO (Search Engine Optimization) pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu SEO On-page dan SEO Off-page. Mungkin jika anda blogger yang baru masuk ke dunia SEO, pasti bingung. Saya sendiri waktu belajar blog langsung bingung tentang SEO, karena banyaknya referensi yang tidak sama tentang SEO. Lanjut ke pembahasan, Apa sih sebenarnya SEO On-page dan SEO Off-page?? Berikut saya jelaskan sedikit mengenai SEO On-page dan SEO Off-page:

SEO On-page

SEO On-page adalah suatu teknik SEO yang khusus memaksimalkan penggunaan kode-kode pada blog atau website (internal). Jadi kita memaksimalkan SEO lewat internal blog atau website. Berikut ini beberapa faktor terpenting dalam SEO On-page yang saya ketahui:
  1. Konten Postingan yang berkualitas dan original 
  2. Menambahkan Breadcumb 
  3. Internal Link yang sudah di Optimisasi 
  4. Judul tepat dan menarik 
  5. Gambar Yang sudah di Optimisasi 
  6. Loading Page yang Cepat 
  7. Format Teks 
  8. Struktur URL yang baik 
  9. Tidak ada Broken Link atau Bad Link 
  10. Halaman 404 yang User Friendly 
  11. Verivikasi Google Authorship di Setiap Halaman
Keuntungan dari SEO On-Page adalah pengunjung dapat dengan mudah melakukan navigasi dan mengexplorasi blog atau website kita. Hal ini juga mempermudah search engine atau crawler dalam melakukan index.

Kekurangannya adalah, untuk melihat hasil (jumlah pageview dan posisi pagerank) dari teknik SEO ini membutuhkan sedikit kesabaran karena dilakukan dengan natural.

SEO Off-page

SEO Off-page adalah lawan kata dari SEO On-page, yaitu mengoptimalkan SEO lewat external. Maksud external, adalah mengoptimalkan SEO blog atau website kita lewat perantara media luar. Berikut ini beberapa hal yang wajib anda lakukan jika ingin membangun SEO lewat teknik SEO Off-page:
  • Link Building 
  • Media Sosial ( Jejaring Sosial ) 
  • Social Bookmark
Keuntungan dari SEO Off-page adalah, jika teknik ini berhasil dan dilakukan dengan benar maka blog kita akan kebanjiran pageview dan meningkatnya pagerank.

Kekurangannya adalah, jika anda melakukan teknik ini secara berlebihan atau melakukan kesalahan maka kemungkinan besar blog atau website anda dapat dicekal oleh mesin pencari.


Saran: 
Saran saya sih, untuk yang pertama lebih baik melakukan SEO On-Page. Baru setelah On-Page sudah diterapkan, lanjutkan dengan SEO Off-Page.

Share This

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda,
Bermanfaat silahkan like, tweet dibawah ini

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply