search

Pengikut

Jepang buka Kamp Rehabilitasi pecandu Internet

rehabilitasi pecandu Internet di Jepang
Tak hanya narkoba atau obat-obatan terlarang saja yang bikin orang kecanduan dan perlu direhabilitasi, pecandu Internet-pun juga perlu direhabilitasi. Di Jepang, kasus kecanduan Internet dilaporkan makin parah hingga memerlukan program rehabilitasi. Diketahui bahwa dari 100.000 pelajar yang disurvei oleh Nihon University, sekitar 8% di antaranya mengidap kecanduan Internet. Untuk alasan inilah akhirnya pemerintah Jepang berencana membuat sebuah kamp rehabilitasi.

Di perkemahan yang akan dibangun oleh Kementerian Pendidikan Jepang ini, pelajar akan dijauhkan dari piranti yang terkoneksi dengan Internet, terutama ponsel. Perkemahan alias kamp yang dimaksud memang ditujukan untuk mereka yang akut kecanduan Internet.
"Kami memperkirakan ini akan berdampak pada sekitar 518.000 pelajar di sekolah menengah dan tinggi di Jepang," ujar Akifumi Sekine, perwakilan dari kementerian tersebut.
Angka itu diyakini akan meningkat seiring lebih banyak kasus lagi yang bakal dijumpai.


Di sini, partisipan didorong untuk berinteraksi melalui olaharaga dan permainan-permainan. Disediakan pula psikiater dan psikoterapis klinis jika pelajar membutuhkan penyuluhan. Sebelum jepang mempunyai ide pembuatan kamp rehabilitasi pecandu Internet, China dan Amerika Serikat sudah terlebih dahulu memiliki kamp yang serupa.

Internet memang memiliki banyak manfaat tapi selain itu Internet juga dapat berdampak buruk bagi pengguna-nya. Hal ini disebabkan oleh kecanduan akan informasi yang terus-menurus update tanpa henti (kecuali pulsa habis). Di indonesia, Internet sudah mulai menjadi komuditas, hal ini bagus untuk kemajuan namun harus berbarengan dengan pendidikan yang benar atau pemberian arahan terhadap penggunaan Internet. Ada pepatah:
Internet bagai sebuah pisau, yang jika digunakan dengan benar dapat membantu pekerjaan tapi jika salah digunakan akan dapat menimbulkan banyak masalah. 

Sumber: inet.detik.com

Share This

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda,
Bermanfaat silahkan like, tweet dibawah ini

0 komentar

Posting Komentar

Cancel Reply